Tugas 1 PPL - A
Nama : Tsabita Putri Ramadhany
NRP : 5025211130
Kelas : PPL - A
Tugas 1
Dokumen Perancangan Perangkat Lunak
Judul : Sistem Online untuk Dokumen Perancangan Perangkat Lunak bagi Perusahaan atau Tim Pengembang
Link : Dokumen
A. Deskripsi Dokumen
Dokumen tersebut diharapkan dapat membantu tim pengembang software dengan membuat Sistem Online Untuk Dokumen Perancangan Perangkat Lunak Bagi Perusahaan/Tim Pengembang berbasis web yang dapat digunakan tim pengembang software untuk berkolaborasi dalam membuat perancangan maupun dalam pembuatan suatu sistem. Sistem ini dapat menyimpan seluruh requirementsuatu software hingga rancangan seperti Data Flow Diagram (DFD), Use Case Diagram (UCD), Activity Diagram, dan lain lain.
B. Perancangan Arsitektur
1. Kebutuhan Perangkat Lunak
a. Browser yang digunakan adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk Google Chrome minimum versi 67.0.3396.99 atau lebih tinggi dan untuk Mozilla Firefox minimum versi 59.0.2 atau lebih tinggi.
b. Untuk sistem operasi Windows, disarankan menggunakan minimal Windows XP atau lebih tinggi.
2. Kebutuhan Perangkat Keras
Perangkat keras / komputer yang mendukung untuk menjalankan sistem ini yaitu memiliki processor Intel Pentium 4 atau lebih tinggi.
3. Use Case Diagram
C. Perancangan Algoritma
Perancangan Algoritma dalam dokumen perencanaan perangkat lunak itu seperti membuat resep detil tentang cara kerja sebuah aplikasi atau program. Berisi langkah demi langkah apa yang harus dilakukan program untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, seperti menghitung sesuatu atau mengatur data. Ini penting supaya program bisa berjalan dengan baik, mudah diperbaiki jika ada masalah, dan bisa dikembangkan lebih lanjut di masa depan.
D. Perancangan Struktur Data
Perancangan Struktur Data dalam Dokumen Perancangan Perangkat Lunak adalah proses memilih dan mendefinisikan bagaimana data akan disimpan, diorganisir, dan diakses dalam sebuah sistem perangkat lunak. Ini mencakup pemilihan struktur data yang tepat seperti array, list, stack, queue, trees, graphs, atau struktur data khusus lainnya untuk memenuhi kebutuhan spesifik aplikasi tersebut.
Tujuan dari perancangan struktur data adalah untuk memastikan bahwa data dapat diolah dan dikelola dengan cara yang efisien dan efektif, memungkinkan operasi seperti pencarian, penambahan, penghapusan, dan pembaruan data dilakukan dengan cepat. Pemilihan struktur data yang tepat dapat berdampak signifikan terhadap kinerja dan skalabilitas sistem perangkat lunak.
E. Perancangan Antarmuka
Perancangan antarmuka dalam Dokumen Perancangan Perangkat Lunak merujuk pada proses merencanakan dan mengorganisir bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi atau sistem. Ini mencakup tampilan visual, tata letak, dan cara pengguna memasukkan data atau melakukan tugas-tugas dalam aplikasi. Perancangan antarmuka bertujuan untuk membuat penggunaan aplikasi menjadi intuitif, mudah, dan efisien, sehingga meminimalisir kesulitan atau kebingungan bagi pengguna saat menggunakan perangkat lunak.
Komentar
Posting Komentar